Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

04 Mei 2009

Mendampingi Anak dengan Educational Care (Prinsip 3 : Family Proactive)

Oleh : Valentino Dhiyu Asmoro

Sejauh ini kita sudah bersama-sama mengupas dua prinsip dari Educational Care yaitu Prinsip Individual Learning-Centered dan Prinsip Psychological Approach. Prinsip ketiga dari Educational Care yaitu Prinsip Family Proactive.

Melalui prinsip pertama, kita telah memahami bersama-sama bahwa wilayah kerja Pi&Po ada pada ruang lingkup pendampingan anak yang dilakukan Pi&Po bersama-sama dengan orang tua dan melalui prinsip kedua kita memahami bahwa pendekatan psikologis dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kemampuan anak. Pada prinsip Educational Care yang terakhir ini, kita akan mengupas lebih dalam mengenai peran keluarga dalam proses tumbuh kembang anak.

Prinsip ketiga sesungguhnya adalah suatu prinsip yang memang sudah seharusnya diterapkan oleh setiap keluarga yang menginginkan anak-anaknya sukses. Permasalahannya, dalam praktek sehari-hari keluarga sering menjumpai kesulitan untuk memilah sikap-sikap proaktif. Kecenderungan yang terjadi, keluarga sering melakukan sikap reaktif atau sikap yang kurang tepat sasaran tanpa disadari. Seperti apa sih sikap reaktif dan sikap kurang tepat sasaran tersebut?

Sikap reaktif dapat dilihat dengan mengamati contoh-contoh sikap berikut ini :
  1. Keluarga baru kebingungan/panik ketika anak sudah mengalami gangguan belajar dan prestasi
  2. Keluarga sering memberi komentar negatif kepada anak. Tahukah anda, sebuah penelitian melaporkan bahwa dalam 1 hari seorang anak rata-rata menerima komentar negatif 4 kali lebih banyak daripada komentar positif ?

Sikap yang kurang tepat sasaran antara lain dapat diamati dari contoh-contoh sikap berikut ini :
  1. Keluarga merasa sudah mendampingi anak dengan hadir secara fisik saat anak belajar, padahal kehadiran tersebut belum menghadirkan sebuah proses pendampingan, tetapi cenderung hanya sebagai tindakan menemani anak belajar.
  2. Beberapa keluarga merasa bahwa dengan menyediakan fasilitas yang cukup dan guru les yang paling hebat maka urusan pendampingan anak sudah beres begitu saja. Keluarga sudah mempercayakan 100% pendidikan anaknya pada guru les tersebut dan keluarga hanya tinggal tahu beres saja.

Memilih dan memilah sikap proaktif dalam mendampingi anak sesungguhnya dimulai dari beberapa pemahaman mendasar bahwa :
  1. Orang tua adalah pihak pertama dan utama yang wajib mengawal proses pendampingan belajar anak, Pi&Po hadir hanya untuk mensistematiskan upaya-upaya pendampingan oleh orang tua, membantu mengawal proses tumbuh kembang anak sekaligus mengantisipasi/menangani hambatan dalam belajar anak sesuai dengan kapasitas disiplin ilmu yang dimiliki.
  2. Mencegah adalah jauh lebih baik daripada mengobati atau memperbaiki. Jangan sampai keluarga terkena batunya dulu baru menyadari pentingnya pendampingan belajar anak sejak dini. Artinya jangan menunggu anak anda mengalami gangguan dalam proses belajar atau penurunan prestasi baru kemudian kelabakan mencari solusi. Dalam konteks pencegahan inilah Pi&Po sebenarnya hadir untuk anda dan si kecil, walaupun Pi&Po juga tetap melayani anak-anak yang membutuhkan penanganan ekstra karena sudah mengalami situasi belajar yang tidak kondusif.

Sekilas mungkin anda berpikir bahwa hal ini kurang praktis karena dewasa ini orang tua dan keluarga terlalu disibukkan dengan berbagai aktivitas mata pencaharian dan kegiatan lain. Justru karena fenomena itulah, Pi&Po ingin mendorong lagi kesadaran dan solidaritas sosial tentang vitalnya peran keluarga dalam proses tumbuh kembang anak.

Keluarga adalah unit mendasar dalam bangunan sosial. Unit ini menyediakan kehangatan dan suasana yang kondusif untuk tumbuh kembang anak. Ketika relasi dan kehangatan ini mulai renggang karena setiap anggotanya disibukkan oleh aktivitas masing-masing, saat itulah Pi&Po ingin hadir sebagai jembatan yang merekatkan kembali jalinan cinta kasih di dalam keluarga.

Atas dasar pemikiran itulah, anda akan menjumpai bahwa anak dan anda akan mendapatkan pelayanan kelas satu dari Pi&Po. Setiap pendamping kami akan datang ke rumah anda untuk menyapa keluarga anda sekaligus mendiskusikan dinamika tumbuh kembang anak anda. Inilah kelebihan Pi&Po yang bahkan belum akan dilakukan oleh institusi manapun, yaitu suatu bentuk Home Care.

Pi&Po memiliki komitmen untuk menyelenggarakan relasi dengan anda bukan hanya sebatas relasi penjual dan pembeli jasa, tetapi kami benar-benar ingin memposisikan diri sebagai sahabat setia tumbuh kembang anak anda seperti yang terungkap dalam motto Pi&Po. Dengan membawa keramahan dan suasana kekeluargaan ala timur, kami rindu untuk menjadi sahabat anda dan bersama keluarga Indonesia lainnya bersama-sama mempersiapkan generasi penerus yang cemerlang.

Harapan kami, anda dapat menangkap suatu visi tentang sebuah era baru pendidikan bersama Pi&Po. Dengan mempelopori munculnya prinsip Family Proactive inilah Pi&Po ingin agar anak-anak dan orang tua di seluruh pelosok negeri merasakan nikmatnya belajar dan indahnya prestasi sebagai buah dari upaya dan sikap belajar yang tak kenal kata menyerah. Salam Pi&Po !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar